Minggu, 27 November 2011

Betulkah Yesus Itu Allah?

| Minggu, 27 November 2011 | 0 komentar

Banyak sekali diskusi  di situs2  yg membahas mengenai persoalan di atas. Baik yg ditulis oleh teman-teman Kristen/Katolik, maupun teman-teman Muslim. Diskusi mengenai hal ini selalu menjadi topik yg hangat atau malah panas. Kali ini saya tidak akan membahas topik ini melalui ayat-ayat Al Qur-An. Sudah banyak teman-teman lain yang membahasnya.

Saya ingin mengajak Anda untuk kembali ke jaman ketika Yesus hidup. Kita coba melihat apa sih yang dipikirkan oleh orang-orang jaman itu, terutama bangsa Yahudi, mengenai Yesus.  Kita mencoba memahami situasi saat itu. Kita mulai pemahaman ini dengan dua pertanyaan .
PERTAMA. Adakah ayat di Al Qur-An yg secara literal mencantumkan perkataaan Yesus  ”Akulah Tuhan atau Akulah Allah” ? Jawabannya: setahu saya TIDAK ADA. Yang ada adalah ayat-ayat yang kita pahami sebagai klaim Yesus bahwa diriNya adalah Tuhan.
Kenapa?
Bayangkan seandainya Yesus secara literal berkata ”Akulah Allahmu yg turun ke bumi!”, apakah orang-orang jaman itu akan percaya? Pasti tidak! Mereka akan menganggap Yesus gila J
Bayangkan juga seandainya Yesus memilih para muridnya sambil berkata “Ayo tinggalkan pekerjaanmu dan ikut aku  Allahmu!”  Para murid akan melirik Yesus dan berkata dalam hati “Orang gila darimana lagi nih?!” J
Jadi sangat masuk akal kalau Yesus menggunakan “cara lain” untuk mengungkapkan keTuhanannya. Ini dilakukanNya secara bertahap. Sedikit demi sedikit sampai mencapai puncaknya pada kebangkitanNya. Ayat-ayatnya? Buaaanyak bertebaran di Alkitab. Saya tidak akan membahasnya di sini J
Sebagian orang mungkin akan mengatakan “Kalau begitu, jangan-jangan ini rekayasa orang-orang Kristen/ Katolik saja?!” Jawabannya: TIDAK. Penjelasannya? Ada di pertanyaan kedua ….
KEDUA. Kenapa orang-orang yg hidup pada jaman itu (baca: bangsa Yahudi) “membenci” Yesus? Apa yang salah dengan Yesus?
Kita semua tahu bahwa Yesus melakukan hal-hal yang benar. Mengajarkan Kasih. Membuat mukjizat. Mengajak orang-orang lebih taat kepada Allah dan perbuatan baik lainya …. Tetapi anehnya kok tetap “dibenci” ya? Lebih aneh lagi, orang-orang jaman itu memilih penjahat untuk dibebaskan daripada Yesus yang akhirnya di salib.
Kenapa?
Karena orang-orang pada jaman itu (baca: bangsa Yahudi) TAHU PERSIS bahwa Yesus menyamakan diriNya dengan Allah. Mengklaim diriNya Allah … sekali pun Yesus tidak mengatakan secara literal ”Akulah Allah”.  Jadi “bencinya” orang-orang jaman itu kepada Yesus karena Yesus dianggap kurang ajar (baca: menghujat) terhadap Allah! Berani-beraninya menganggap diri Tuhan/Allah J
Kita yg hidup di jaman sekaranglah yang mempersoalkan klaim Yesus. Padaha orang-orang jaman itu, sekali lagi, TAHU PERSIS Yesus mengklaim diriNya Allah.  Jadi tidak ada rekayasa di sini. Kalau kita hidup pada jaman itu, saya yakin kita pun akan memaknai semua ajaran Yesus sebagai perwujudan klaim diriNya adalah Allah. Atau “membeciNya”? J
Adalah sebuah fakta yg dipahami dgn JELAS oleh orang-orang jaman itu bahwa Yesus MEMANG mengklaim diriNya Allah. Harusnya hal ini tidak perlu dipersoalkan lagi. Text-text Alkitab dan REAKSI orang-orang pada jaman itu (baca: bangsa Yahudi) sudah membuktikannya.
Lalu …. sekarang persoalan sesungguhnya muncul J
Bagaimana kita harus bereaksi mengetahui klaim Yesus ini?  Ada tiga cara kita bereaksi:
(1)    Menganggap Yesus “gila” dan menghujat Allah. Ini adalah pendirian sebagian besar orang-orang Yahudi sampai hari ini. Untuk renungan:  Yesus yg secara “kenabian” lebih besar  dibandingkan nabi-nabi sebelumnya, karena banyak membuat mukjizat, tidak masuk kategori nabi dalam agama Yahudi J Aneh kan?! Padahal Yesus terlahir sebagai Yahudi lho. Pasti karena Yesus dianggap menghujat Allah.
(2)    Menganggap Yesus sebagai Nabi dan mengasumsikan ayat-ayat yg ada salah penafsirannya J Ini pendirian sebagian besar (atau kecil ya?) teman-teman Muslim. Lebih “aman” memahami Yesus sebagai nabi (baca: manusia) daripada sebagai Allah. Makanya timbul perdebatan yg ramai di situs2  yang pro dan kontra terhadap keTuhanan Yesus.
(3)    Menganggap klaim Yesus benar dan mempercayaiNya. Ini adalah pendirian umat Kristen dan sebagian besar teman-teman Kristen/ Katolik (ada sebagian kecil yg menggangap Yesus bukan Allah).
Silahkan memilih yang Anda suka J
Salam Damai.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

dimohon tidak meninggalkan komentar SPAM,komentar SPAM tidak akan saya ikut sertakan

 
© Copyright 2012. gilimenuk.blogspot.com . All rights reserved | gilimenuk.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Ponorogo alif - zoomtemplate.com