Rabu, 07 Maret 2012

Strategi Meningkatkan Traffic untuk Blogger Nyantai

| Rabu, 07 Maret 2012 | 0 komentar




Di tengah kepenatan merangkai tulisan cetak, saat ini saya mau menulis tema lain agar otak saya sedikit fresh hehehe... Postingan ini saya beri judul "Strategi Meningkatkan Traffic untuk Blogger Nyantai", dikarenakan memang saya membuat blog ini adalah untuk refresh dari rutinitas menulis buku dan novel. Sebagai orang yang awam didunia blogging, tentunya saya mulai belajar untuk membangun dan membuat blog ini bisa eksis dan dikunjungi.

Banyak tips dan trik yang diberikan oleh para suhu dan master blogger untuk membuat blog menjadi populer, namun pada akhirnya yang bisa saya lakukan adalah yang sesuai dengan kemampuan dan waktu saya ketika nge-blog. Karena untuk saat ini saya masih belum berpikir untuk menghasilkan uang lewat blog, juga kesibukan sekolah dan ujian untuk saat ini, sehingga nge-blog tidak bisa setiap hari dan dalam waktu yang lama. Apalagi untuk melakukan utak-atik dan optimasi blog ala para master.

Saya coba mencari informasi bagaimana para blogger yang aktivitas utamanya bukan nge-blog, tidak mencari uang lewat blog, postingannya tidak update setiap hari, tidak banyak melakukan trik ini-itu, tapi jumlah visitornya cukup banyak dan pageranknya 3 keatas. Berikut ini adalah strategi yang mereka lakukan untuk membuat blognya populer:

1. Lakukan blogging dengan enjoy.

Jika kita tidak punya banyak waktu buat nge-blog dan tidak mencari uang dari blog, sebaiknya lakukanlah blogging dengan santai. Memang pada saat memutuskan menjadi seorang blogger, maka yang kita lakukan adalah menulis untuk mengisi konten blog. Tapi jangan sampai hanya karena tuntutan menulis konten blog, justru membuat kita stres dan tertekan yang ujung-ujungnya kita malas nge-blog.

2. Buatlah blog Visitor Friendly.

Jika kita bukan pakar SEO maka tidak perlu terpaku untuk membuat blog kita SEO friendly, cukup visitor friendly saja. Fokus saja pada konten dan buatlah pengunjung merasa nyaman saat mengunjungi blog kita. Untuk itu pilihlah paduan warna blog yang tidak merusak mata, misal background putih tapi tulisan postingannya kuning. Hindari membuat link jebakan iklan atau auto reload ke link iklan, itu akan menyakiti pengunjung yang berniat membaca artikel kita. Buatlah blog kita seringan mungkin, tanpa banyak menyedot pulsa modem pengunjung. Tidak perlu memasang widget yang membuat loading menjadi berat. Kita perlu menyadari bahwa tidak semua orang mempunyai koneksi dewa seperti kita.

3. Tulislah apa yang kita kuasai.

Bercita-cita menjadi blogger yang populer dan terkenal memang dambaan setiap blogger. Namun bukan berarti untuk menjadi seperti mereka, kita cenderung meniru apa yang mereka tulis tanpa melihat tulisan itu kita kuasai atau tidak. Sebaiknya kita isi blog kita dengan materi tulisan yang kita kuasai dan kita alami. Dengan begitu maka kita menulis seperti sedang bercerita, sehingga jika ada yang bertanya lewat komentar, otomatis kita bisa menjawabnya.

4. Buatlah beberapa artikel yang banyak dicari.

Setiap orang pasti punya keahlian sendiri-sendiri. Misal ahli komputer, ahli desain, ahli web/blog, ahli matematika, ahli memasak, ahli merawat kucing dan sebagainya. Buatlah beberapa tulisan untuk memberi tips-tips atas keahlian yang kita kuasai tersebut. Ini yang disebut para master sebagai artikel jangkar, artinya artikel yang bisa mendatangkan pengunjung yang mencari informasi lewat search engine. Jika blog kita hanya berisi curhatan dan keluh kesah saja, kecil kemungkinannya bisa mendapat pengunjung dari search engine.

5. Submit artikel di forum, blog directory dan sosial media.

Jika kita tidak punya waktu untuk blogwalking setiap hari, maka sebaiknya kita mendaftar ke forum seperti kaskus.usdetik-forum dan forum besar lainnya. Juga kita mendaftar ke blog directory seperti bloggers.comtopofblog.comblogtopsites.com dan sebagainya. Selain itu kita manfaatkan sosial media seperti facebook dan twitter untuk men-share artikel yang kita buat. Tidak perlu semua kita ikuti, semampu kita saja. Dan setiap kita posting artikel baru, sekalian kita submit untuk menambah kemungkinan pengunjung datang.

6. Bertukar link dengan blogger lain.

Sarana tukar link tidak hanya membuat hubungan kita dengan blogger lain semakin erat, tapi juga membuat blog kita makin populer karena semakin banyak link yang menempel di blog lain. Selain itu blog kita berkesempatan mendapat kunjungan dari pengunjung blog lain (yang bertukar link dengan kita) yang meng-klik link kita. Tapi dalam bertukar link, kita harus fair dan jujur. Jangan ketika kita sudah mendapat baclink dari sebuah blog, atau blog kita sudah semakin populer, justru kita menghapus link blog tersebut terutama yang pagerank-nya lebih rendah dari blog kita. Ingatlah.. bahwa blog kita pernah tidak punya pagerank.

7. Budayakan mengunjungi dengan berkomentar.

Jika ada waktu untuk blogging, usahakanlah mengunjungi blog lain dan meninggalkan jejak dengan menulis komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya. Jika kita hanya numpang lewat di shoutmix atau shoutbox saja, maka blogger lain juga akan sekedar lewat saja di guestbook kita. Sangat disayangkan, kita sudah susah-susah membuat artikel tapi tidak ada yang membaca. Selain itu dengan berkomentar, kita berpeluang mendapatkan backlink serta pengunjung yang membaca postingan kita. Niatkan diri kita saat mengunjungi blog lain adalah untuk mencari sahabat, bukan hanya mencari backlink semata.


Tujuh tips diatas telah saya lakukan, karena tidak terlalu menyita banyak waktu untuk blogging. Dan hasilnya memang tidak sehebat para blogger yang melakukan banyak optimasi, karena mereka memang mampu dan cukup waktu untuk melakukannya. Tapi bagi blogger santai seperti saya, hasil ini sudah cukup memuaskan.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

dimohon tidak meninggalkan komentar SPAM,komentar SPAM tidak akan saya ikut sertakan

 
© Copyright 2012. gilimenuk.blogspot.com . All rights reserved | gilimenuk.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Ponorogo alif - zoomtemplate.com