Kamis, 26 April 2012

12 Boss Game RPG yang paling kuat

| Kamis, 26 April 2012 | 2 komentar

pernahkah kalian memainkan game RPG? (kayaknya sebagian besar bakalan jawab 'pernah', ya...) Dalam game RPG,kita sebagai player senantiasa dituntut untuk maju berdasarkan alur cerita yang telah ditentukan. Kita juga senantiasa menjumpai beberapa boss battle, dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Well, mungkin tidak masalah ketika kita menghadapinya di bagian-bagian awal game, karena tingkat kesulitannya masih relatif mudah. Tapi ketika kita mulai mencapai bagian-bagian akhir game, kita seringkali menemui hambatan dari boss-boss dengan tingkat kesulitan yang 'naudzubillah" sampai-sampai kita berpikir: "kenapa kok pihak developer membuat game dengan boss sesulit ini??" 

Itulah salah satu sisi unik yang ada dalam game RPG, dan tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri buat kita ketika berhasil melewatinya. Mau tahu, boss-boss tertangguh di game RPG Tahun ini?

O,ya nomor-nomor di postingan ini bukan peringkat, tapi cuman nomor urut aja. Karena, tingkat kesulitan boss bagi tiap-tiap gamer itu pastilah berbeda-beda. 

1. Yiazmat (FF XII)

Tak salah lagi, naga ini adalah boss terkuat yang ada di FF XII. Untuk membunuhnya saja, kalian memerlukan waktu yang benar-benar lama (itu kalau kalian memang bisa melakukannya). Kenapa? Karena Jumlah HP nya benar-benar tinggi, yaitu berada di kisaran angka 50.000.000 HP. Meskipun karakter-karakter kalian bisa melakukan damage sebesar 9.999 per hit, masih saja butuh perjuangan yang benar-benar panjaaaaang untuk bisa menumbangkan makhluk ini. Hanya saja, boss yang satu ini agaknya masih punya belas kasihan. Buktinya, serangannya tidak sekuat dengan boss-boss lainnya. 

2. Dario (Chrono Cross)

Boss yang satu ini merupakan 'optional', jadi kalian bebas memilih, akan melawannya atau tidak. Hanya saja, jika kalian ingin mendapatkan senjata terkuat serge dalam game (Mastermune) kalian wajib mengalahkannya. Mau tahu dibagian mana susahnya? Well, kekuatan boss ini terletak pada physical attacknya. Dario akan membuat karakter kalian kritis hanya dalam 1 turn physical attack saja. Dan jika dia mengeluarkan special attacknya, kematian 1 karakter kalian itu sudah bisa dipastikan. Defense dan juga HPnya benar-benar tinggi, hingga kalian pasti akan bernapas lega ketika berhasil mengalahkannya.

3. The Demi Fiend (Shin Megami Tensei: Digital Devil Saga)


Dari dulu, Shin Megami Tensei memang sudah terkenal dengan tingkat kesulitannya. Jika kalian sudah pernah memainkan Shin Megami Tensei Nocturned, pasti kalian sudah paham seberapa hardcore pertarungan dengan Demi Fiends itu. Tapi begitu menemuinya di seri Digital Devil Saga, kalian pasti akan meralat definisi kata 'sulit' itu. Ada dua hal yang membuat Demi Fiend begitu menjengkelkan. Yang pertama adalah, kekuatannya. Setiap serangannya menimbulkan damage yang luar biasa besar pada party member kalian. Belom lagi, effect yang muncul sesudahnya. Hal lain yang menakutkan dari boss ini adalah ultimate ability-nya, "Gaea Rage". Dia pasti akan menggunakan Gaea Rage setelah beberapa turns, atau ketika kalian membunuh setiap anak buah berupa demon yang dia summon. Gaea Rage bisa menimbulkan damage sampai 7000 points pada tiap-tiap karakter, sementara HP per karakter cuman bisa mentok ampe angka 999. Lalu, gimana bisa survive???

How to beat it: ADA CARANYA! Kalian harus membuat setiap level & status karakter berada dalam titik tertinggi, dan jika itu sudah terpenuhi, berharaplah keberuntungan sebanyak-banyaknya. Satu-satunya cara ialah 'Null sleep ablity', yang membuat karakter kebal ketika berada dalam kondisi tidur. Ketika Gaea Rage hendak dikeluarkan, salah satu anak buahnya akan meng-cast 'sleep' pada party kalian terlebih dahulu. Berdoalah supaya salah satu party member bertahan, kalau tidak Game Over. Meskipun kalian telah berhasil melewati bagian ini, anak buahnya tetap akan menyerang kalian bertubi-tubi seperti tiada hari esok, dan bagian terparahnya adalah, mereka akan meng-Heal Demi Fiend hingga Full Health jika kalian tidak segera membunuhnya.

4. Criosphinx (Chrono Cross)

Selain Dario, serial Chrono Cross masih menyimpan satu lagi optional boss tangguh untuk kalian lawan. Jika kalian gamer sejati, dan menyukai tantangan, maka kalian pasti sudah melawannya. Boss ini adalah criosphinx, monster berbentuk singa yang bisa dijumpai di earth dragon isle. Ada 2 cara untuk mengalahkannya, yaitu cara cemen & cara ksatria. Cara cemennya? Kalian tinggal menjawab pertanyaan yang dia lontarkan dengan elemen yang berurutan. jika benar, kalian bisa keluar dari pertarungan ini hidup-hidup. Cara ksatrianya? abaikan pertanyaannya, dan pertarungan hidup mati kalian pun dimulai. Serangan fisiknya tidak sekuat Dario, tapi tetap saja berbahaya. Selain itu, evade-rate nya cukup tinggi. Jadi, jangan heran jika banyak sabetan kalian yang miss. Ada lagi yang berbahaya, yaitu element yang dia pergunakan. Criosphinx selalu memakai element warna kuning, seperti earthquake yang bisa mencederai tiap-tiap karakter dengan kisaran damage sebesar 300an. Untuk karakter dengan innate warna hijau, sudah pasti bakal 'wassalam'...

How to beat it: Dengan meng-equip Yellow Plate pada salah satu member. Kalian bisa mendapatkan item ini dari Yellow Dragon. Dengan menggunakan Yellow plate, setiap serangan element Criosphinx akan berubah menjadi 'heal' bagi karakter kalian, meskipun sudah pasti 2 karakter yang lain bakal mati. Tapi, bukan berarti keadaan sudah aman. Kalian tetap harus waspada pada serangan fisiknya.

5. Penance (Final Fantasy X)

Persiapan untuk melawan boss ini benar-benar memakan waktu. Pertama, kalian harus membuat level mencapai 99, mendapatkan semua celestial weapon, mendapatkan Overdrive ultimate-nya Tidus, hingga Menyelesaikan Blitzball untuk memaksimalkan serangan Wakka. Ketika sudah berhadapan dengannya, setidaknya kalian harus bertahan sekitar 1 jam untuk bisa mengalahkannya. Berhati-hatilah dengan lengannya, karena 1 serangan lengan = kalian mati. o, ya boss ini memiliki HP sebanyak 15.000.000.

6. The Seraphic Radiance (Shadow Hearts)

Boss ini jauh lebih sulit dari final boss, apalagi Yuri harus berhadapan dengannya 1 lawan 1. Battle ini sebenarnya dibagi menjadi 2 bagian. Yang pertama ketika kau harus berhadapan dengan roh dari ayah Yuri, Ben Hyuga yang tidak melakukan apa-apa selain physical attack (yang cukup powerful) namun hal ini bukan apa-apa sampai dia berubah menjadi 'beast'. Ketika ini sudah terjadi, kemungkinan kamu harus sering-sering melakukan heal, bahkan mungkin tiap turn (kapan nyerangnya?). Kau juga harus memperhatikan sanity meter baik-baik, sebab jika kamu sampai berserk, itu berarti mati. Seraphic Radiance juga bisa menyebabkan damage sebesar 80% HP mu. Jika kamu lagi sial, special attacknya bisa membuatmu KO 100%.

7. Omega Weapon (Final Fantasy VIII)

Monster ini dapat kalian temui di kastil Ultimecia. Lokasinya ada tepat di depan organ. Jika kalian sudah membunyikan lonceng, segeralah menuju tempat ini, dan kalian akan dapat berhadapan dengannya. Jika karakter tidak berada dalam max stats HP 9999, niscaya bakalan binasa. Serangan Terra Break miliknya dapat mengakhiri permainan dengan mudah. Belum lagi, HPnya yang kelewat tinggi juga menjadi kendala besar buat menumbangkan makhluk ini. Banyak yang bilang, bahwa Omega Weapon ini bahkan lebih kuat dari boss terakhir,Ultimecia. 

8. Magician Faust (Legend of Dragoon)


Hendak melawan boss ini aja udah susah banget. Kalian harus mendapatkan 50 stardust stone di seantero dunia untuk mendapatkan vanishing stone, kemudian kambali ke Flanvel tower untuk mengalahkannya. Faust memulai pertarungan dengan serangan api yang membunuh semuanya kecuali Dart (mungkin karena dia mengenakan Red Dragon Armor). Selain itu, dia memiliki HP sebesar final boss, dan untuk membunuhnya kalian harus mengandalkan serangan fisik, karena buat dia, magic tak berarti apa-apa. 

How to beat it: Equip tiap party member dengan respective Dragoon Armor. 

9. Ozma (Final Fantasy IX)

Square emang gila-gilaan kalo soal bikin boss battle. Lagi, boss terkuat berasal dari game besutan square, yaitu final fantasy IX. Ozma memiliki beberapa spell yang bisa menghabisi party-mu dengan mudah. Selain itu, dia juga bisa mengambil 2 hingga 3 turns sekaligus. Speednya sangat tinggi, jadi dia bisa langsung menyerang/bertahan setelah satu anggota party-mu bergerak. Bagian buruk lainnya? Dia bisa meng-heal dirinya sendiri. 
Beberapa spell mematikan yang dia punya adalah:
-Death: Standard instant death, tapi manjur banget...
-LV.5 Death: Sama seperti milik Quina, jika levelmu adalah kelipatan 5, kematian tak bisa ditawar lagi.
-MP Absorb: Jika MP Ozma tinggal sedikit, dia akan menggunakan ini untuk menyedot MP party member mu.
-Curaga: Dia meng-cast magic ini pada dirinya sendiri berkali-kali. Sekali cure, bisa sampai angka 7000HP.
-Star Flare:Menyerang semua member, dengan kisaran damage sebesar 2500an.
-Curse: Berdoalah supaya dia tidak mengeluarkan yang ini. Curse menyebabkan semua status pada party membermu (blind, mini, confuse, poison, dan... bla bla bla...) Sampai kamu berpikir, "bunuh aja deh sekalian..."
-Meteor: Jika dia mengeluarkan yang ini, kamu pasti mampus. Damagenya sebesar 9999, tapi untuk yang kedua kali cuman sebesar 800, dan yang ke tiga kali miss.

How to beat it: Buat Zidane supaya siap untuk menggunakan Remedy kapanpun diperlukan. Dengan bantuan Freya & Steiner, harusnya bisa menghasilkan damage sebesar 9999 dengan ability mereka. Eiko harus berada dalam keadaan trance, dan di turn selanjutnya, dia bisa menggunakan Double white command, untuk menjaga semuanya tetap dalam kondisi full health. Jika ada yang KO, segera gunakan double Full live. Pakai Elixir bila perlu. Kalian harus menghasilkan damage sebesar-besarnya secepat mungkin, karena Ozma memiliki HP diatas 50.000 / 60.000. However, there's no Omnislash or Lionheart to save the day here. Luck is the biggest factor!!!

10. Elizabeth (Shin Megami Tensei Persona 3 fes)


Selain square, ada satu lagi developer 'badass' dalam hal membuat game dengan boss sulit. Mereka adalah Atlus. Well, jika kalian udah pernah main game-game keluaran atlus, pasti setuju dengan pernyataan saya. Elizabeth dapat dengan mudah melakukan 1-hit kill pada karaktermu. Selain itu, dia dapat dua giliran menyerang di tiap 1 turn. Tiap serangannya menyakitkan, benar-benar menyakitkan. Hal buruk lainnya, dia akan meng-heal HP nya hingga penuh jika sudah berada di kisaran angka 50%. Boss ini sangat tidak dianjurkan untuk dilawan, karena bisa menyebabkan uring-uringan ^_^; 

11. Emerald Weapon (Final Fantasy VII)

Setelah kalian mendapatkan submarine, kalian mungkin bertemu dengan monster yang satu ini. Dia lagi mondar-mandir di bawah laut dekat Junon. Banyak gamer berpendapat bahwa monster ini merupakan boss yang paling kuat, setara dengan Safer Sephiroth. HP nya berada di kisaran angka 1.000.000, MP nya 100, Exp-nya 50.000, dan AP nya 50.000. Berbagai serangannya adalah Emerald shoot, yang bisa menyebabkan damage sebesar 8000+ untuk 1 target, Emerald beam, sebesar 6000+ untuk semua target, Counter attack bernama revenge stamp yang bernilai 3000+ untuk semua target, dan Aire Tam Storm, yang menyebabkan damage sebesar 1111, dengan kelipatan jumlah materia yang dipakai (Jika memakai 9 materia, ya jadi 9999).

How to beat it: Beri tiap karakter HP plus Materia, sehingga mereka minimal punya HP sebanyak 9000an lebih. 1 karakter harus membawa revive /phoenix, dan underwater materia juga cukup berguna. Selain itu, isi setiap slot karakter yang tersisa dengan Counter Attack orbs. Jika punya Knight of Round, jangan ragu untuk mengeluarkannya berkali-kali. Jaga HP mu tetap di angka 8000an, karena Emerald weapon bisa mengcounter attack counter attack! Sisanya, tinggal doa...

12. Dark Magus Sister (Final Fantasy X)

Dark Aeons merupakan fitur unik yang bisa kalian lawan di versi PAL game FFX. Ketika kalian sudah cukup jauh dalam game, kalian bisa melawan versi "dark" dari summon-summon kalian. Dark Aeon punya jutaan HP, dan yang tersulit tentu saja versi dark dari MAgus sisters. Auto Haste, Auto Phoenix, Triple Overdrive, Damage Break hingga Celestial weapon adalah hal mutlak yang harus dimiliki untuk memenangkan battle ini. Dark MAgus sisters punya banyak cara untuk membuat party-mu sakaratul maut. Bad Passado? Kamu mati. Bad Camisade? Bakal mati. Membiarkan mereka mengeluarkan Delta Attack? Pasti mati. Game Over, dan tak bisa ditawar lagi

2 komentar:

ian-multimedia mengatakan...

terima kasih gan atas infonya,....
akhirya bisa tahu kelemahan bos OZMA...

indra mengatakan...

Sebaiknya bro,jangan dilupakan sama si sidequest boss milik FF XII 'OMEGA MARK XII' in the Great Crystal in Giruvegan.yang mungkin bisa memukul KO character hanya dengan sekali attack......salah satu boss paling menjengkelkan dibawah Yiazmat......

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

dimohon tidak meninggalkan komentar SPAM,komentar SPAM tidak akan saya ikut sertakan

 
© Copyright 2012. gilimenuk.blogspot.com . All rights reserved | gilimenuk.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Ponorogo alif - zoomtemplate.com